5 Cara Merawat Laptop Agar Awet

By | 24/11/2019

Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1–6 kg, tergantung pada ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 2 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja.

merawat laptop

Rata-rata kita online, browsing di internet lebih suka dan sering menggunakan Laptop dibading komputer PC, karena laptop gampang untuk dibawa kemana-mana. Nah tentu kita ingin laptop kita awet dan tahan lama, berikut 5 cara merawat laptop agar awet yang dapat diterapkan pada laptop kalian.

5 Cara Merawat Laptop Agar Awet

1. Jangan Meletakkan Laptop di Atas Kasur

Kenapa jangan? karena sirkulasi udara laptop menjadi tidak lancar. Laptop menghasilkan panas dan memerlukan sirkulasi udara agar komponen-komponen laptop tetap stabil suhunya. Nah, di atas kasur justru udara panasnya tidak bersirkulasi dengan baik, pembuangan udara panas yang dihasilkan laptop hanya berputar kembali ke laptop sehingga laptop akan cepat terasa panas dan tentunya ini dapat merusak komponen-komponen laptop.

2. Tidak Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Laptop dirancang tentu berbeda dengan Komputer atau PC. Sebaiknya jangan menggunakan laptop anda terlalu lama karena bisa menyebabkan terjadinya panas yang berlebihan sehingga dapat merusak komponen laptop. Sebaiknya laptop digunakan tidak lebih dari 24 Jam. Dan jika ingin menggunakannya lebih dari itu, ada baiknya beri jeda untuk mematikan laptop beberapa saat agar komponen laptop kembali stabil suhunya.

3. Jangan Terlalu Sering Memindahkan atau Mengangkat Laptop dalam Kondisi Menyala

Sebenarnya boleh memindahkan laptop dalam kondisi menyala, namun perlu diperhatikan ini hanya untuk keadaan darurat saja dan harus berhati-hati. Kebiasaan mengangkat laptop dalam kondisi menyala adalah kebiasaan buruk untuk laptop, alasannya laptop yang sedang menyala komponennya juga sedang hidup dan bekerja sehingga jika terjadi guncangan akan menyebabkan terjadinya gangguan terhadap komponen laptop tersebut. Komponen yang sering terganggu bahkan cepat rusak ketika terjadi guncangan adalah Hardisk laptop tersebut. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan mengangkat laptop dalam keadaan menyala.

4. Jangan Menggunakan Laptop Untuk Bermain Game Yang Berat

Game berat yang memerlukan kinerja dan resolusi tinggi seperti PES, GTA dan lainnya merupakan game yang sebaiknya dimainkan di PC Gaming yaitu komputer/PC yang memang dirancang khusus untuk game. Nah, walaupun game-game berat tersebut bisa dimainkan di Laptop, namun hal ini tidak disarankan apalagi dimainkan dilaptop dalam jangka waktu yang lama. Hal ini bisa menyebabkan laptop overheat dan merusak VGA laptop tersebut.

5. Rutinlah Membersihkan Laptop

Hal yang sering diabaikan oleh pengguna laptop salah satunya jarang menjaga kebersihan laptop. Membiarkan laptop berdebu dapat merusak keawetan laptop, karena debu dapat menyebabkan gangguan pada sistem pendingin laptop. Nah, mulailah rajin untuk membersihkan laptop kamu.

Demikian Cara Merawat Laptop Kamu, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *